BLANTERORIONv101

5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Kebiasaan Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Usia Dini

5 Maret 2023

Memperhatikan kesehatan gigi anak-anak sejak dini sangat penting untuk mencegah munculnya masalah kesehatan gigi di kemudian hari. Peran orang tua sangatlah diperlukan agar kesehatan gigi anak dapat terjaga dengan baik. Disamping itu menanamkan kebiasaan yang baik dari sejak dini kepada anak adalah bekal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan masa depan anak, sehingga anak-anak dapat lebih terhindar dari masalah kesehatan terlebih dalam masalah kesehatan gigi.  

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak dan mengajarkan mereka kebiasaan yang baik sejak usia dini.

1. Menyikat gigi secara teratur
Anak-anak sebaiknya mulai rutin menyikat gigi sejak gigi pertama mereka tumbuh. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran gigi anak, dan ajarkan mereka teknik menyikat gigi yang benar. Ingatlah untuk selalu menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang membantu mencegah karies gigi.

2. Flossing
Flossing atau membersihkan celah gigi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Ajarkan anak-anak untuk menggunakan benang gigi setiap hari setelah makan atau setelah menggosok gigi. Jika anak-anak kesulitan menggunaan benang gigi, bisa digunakan alat bantu seperti flosser yang memiliki gagang yang lebih mudah digunakan.

3. Kurangi makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan gigi
Makanan dan minuman yang mengandung gula atau asam dapat merusak gigi dan menyebabkan karies gigi. Kurangi makanan dan minuman seperti permen, kue-kue manis, minuman bersoda, dan jus buah yang banyak mengandung gula. Ajarkan anak-anak untuk memilih makanan dan minuman yang lebih sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan air putih.

4. Periksakan gigi secara rutin
Ajaklah anak-anak untuk periksa gigi secara rutin ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun. Ini akan membantu menemukan masalah gigi dan mulut secara dini, dan mencegah masalah gigi yang lebih serius di masa depan. Ajaklah dengan cara yang baik tanpa dengan paksaan, berikan pemahaman yang benar, sehingga anak-anak tidak takut untuk ke dokter gigi. 


5. Jadikan kebiasaan sehari-hari
Mengajarkan anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi bukan hanya sekali-kali saja, tetapi menjadi kebiasaan sehari-hari yang dilakukan secara konsisten. Ajarkan mereka untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap hari, dan berikan reward atau pujian ketika mereka berhasil menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak sejak dini, kita dapat membantu mereka memiliki gigi dan mulut yang sehat, dan menghindari masalah kesehatan gigi di masa depan.

Komentar