BLANTERORIONv101

Cara Ampuh Cegah Covid-19 dengan Obat Kumur

14 Januari 2021

Penggunaan obat kumur sudah tidak asing lagi bagi kita yang sudah sadar menjaga kebersihan rongga mulut. Penggunaanya pun sangat mudah dan obat kumur sudah dijual bebas di pasaran serta mudah untuk mendapatkannya. Memilih obat kumur yang baik tentu harus dilakukan agar tidak malah membuat iritasi. 

Tetapi sudahkah anda tahu, ternyata obat kumur bisa membunuh virus corona/COVID-19?


Mengutip sebuah jurnal yang berjudul "Peran Ibu dan Remaja dalam Pemeliharaan kesehatan Gigi di Masa Pandemi Covid-19".

Ditulis bahwa "Obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine (PVP-I) mampu membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19". Ada 2 studi in-vitro yang dicantumkan dalam jurnal ini, yaitu dari Duke-NUS Medical School, Singapura dan TIDREC Malaysia.



Dituliskan juga bahwa, "Pasien-pasien di RSA UGM yang terkonfirmasi positif COVID-19 juga menjalani  terapi  rutin  kumur-kumur  dengan povidone-iodin. Guru besar Fakultas Farmasi UGM,  Zullies  juga  sepakat  dengan  manfaat PVP-I   sebagai   obat   kumur   bagi   tenaga kesehatan  yang  berisiko  tertular  dari  pasien COVID-19".

Rajin berkumur dengan obat kumur antiseptik yang mengandung PVP-I dapat membunuh SARS-CoV-2 di daerah rongga mulut dan orofaring (tenggorokan). Disarankan berkumur 2 kali sehari atau apabila anda sempat berada di dalam kerumunan, setibanya di rumah segeralah berkumur dengan obat kumur antiseptik.


Cara penggunaanya cukup mudah. Siapkan obat kumur antiseptik 15-30 mL, kumur selama kurang lebih 30 detik, dilanjutkan dengan posisi kepala agak mendongak 45 derajat dan kumur beberapa saat lalu buang. Setelah itu tidak perlu dibilas atau berkumur dengan air dan jangan terlebih dahulu makan atau minum apapun selama 30 menit.


Di pasaran banyak dijual obat kumur antiseptik berbagai merk, salah satunya adalah Betadine Mouthwash and Gargle yang mengandung povidone-iodine. Hati-hati jika anda hipersensitif terhadap iodium dan anda yang memiliki penyakit tiroid. Untuk wanita hamil dan ibu menyusui sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. 

Mari tetap jaga kesehatan kita, disiplin menerapkan 3M, dan gunakan obat kumur antiseptik untuk mencegah kita dan orang-orang yang kita sayangi terpapar Covid-19.


Komentar